PROGRAM KERJA
SDN NO.005/VI
KUNGKAI I
KECAMATAN BANGKO
Pemerintah Kabupaten
Merangin
Provinsi Jambi
Dinas Pendidikan
Tahun Ajaran 2014
KATA PENGANTAR
Berkat
rahmat dan karuniaNya semata,kami telah dapat menyusun Program Kerja Kepala Sekolah,
yang akan kami gunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan program pendidikan.
Program Kerja Kepala Sekolah yang tertib dan teratur sangat diperlukan untuk
peningkatan kemampuan dalam pengelolaan pendidikan di sekolah. Peningkatan
tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu, dan
perluasan pendidikan dasar.
Program
Kerja Kepala Sekolah ini disusun sebagai penyesuaian dari petunjuk administrasi
Sekolah Dasar, serta digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan operasional
di sekolah, sehingga akan memperlancar kerja Kepala Sekolah. Penyusunan Program
Kerja Kepala Sekolah ini melibatkan unsur yang terkait, yaitu unsur Kepala
Sekolah, Guru, Penjaga dan Pengurus Komite Sekolah, yang sebelumnya telah diuji
kelayakannya.
Program Kerja Kepala Sekolah ini
meliputi:
1.
Pendahuluan
2.
Program Pengembangan Sekolah
3.
Program Umum Sekolah
4.
Program Khusus Sekolah
5.
Program Peningkatan Mutu
6.
Penutup
Dalam
penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah ini, kami sudah berusaha semaksimal
mungkin untuk menghindari kekurangan maupun kesalahan, namun demikian tentunya
disana-sini pasti masih banyak terdapat kekurangan maupun kesalahan. Untuk itu
kami sangat berterima kasih apabila dari semua pihak sudi memberikan saran
maupun kritik, demi kelancaran tugas yang kami emban.
Akhirnya
kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung
kami, utamanya Kepada Bapak Kepala Unit Pelaksana Dinas Pendidikan Kecamatan
Bangko, Bapak/Ibu Pengawas TK/SD yang telah banyak memberikan bimbingan dan
petunjuk demi kelancaran penyusunan program kerja ini.
Terima kasih
Kungkai, tgl. 16 Juli 2012
Kepala Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I Kec. Bangko
NASARUDDIN, S.Pd
NIP. 19690415 199909 1 001
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………..
Daftar isi …………………………………………………………………………….......
1.
BAB I Pandahuluan
…………………………………………………………..
v Latar Belakang ……………………………………………………………..
v Visi dan Misi Sekolah ………………………………………………….......
v Tujuan Sekolah ……………………………………………………………..
2.
BAB II Program Pengembangan Sekolah
………………………………….......
v Program Jangka Panjang
(8 tahun) ………………………………………...
v Program Jangka Menengah (4 tahun) ………………………………….......
v Program Jangka Pendek (1 tahun) ………………………………………….
3.
BAB III Program Umum Sekolah ………………………………………….......
v Kepala Sekolah ……………………………………………………………..
v Guru ………………………………………………………………………...
v Tata Usaha…………………………………………………………………..
v Petugas Perpustakaan …………………………………………………........
v Penjaga ……………………………………………………………………..
4.
BAB IV Program Khusus Sekolah
……………………………………………..
5.
BAB V
Program Peningkatan Mutu ……………………………………….......
v Sumber Daya Manusia (SDM) ...……………………………………….......
v Program Pengajaran (Kurikulum) ………………………………………….
v Model Pembelajaran………………………………………..........................
v Sistem Evaluasi……………………………………….................................
v Administrasi………………………………………......................................
v Program Kegiatan Bidang Akademik……………………………………….
v Program Bidang Sarana Prasarana……………………………………….....
v Laboratarium……………………………………….....................................
v Program Perpustakaan……………………………………….......................
v Program Kegiatan UKS ………………………………………....................
v Program Peningkatan Kegiatan Rokhani…………………………………...
v Program Hubungan Kemasyarakatan……………………………………….
6.
BAB VI
Penutup ………………………………………....................................
|
i
ii
1
1
1
2
2
2
3
4
4
5
5
6
6
7-8
9
9
9
9
9
10
10
10
10
11
11
11
11
12
|
ii
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya Informasi yang membawa kita ke dunia global, kita semua yang telibat dalam dunia pendidikan terutama pendidik dan tenaga kependidikan mendapat tantangan yang cukup berat untuk bisa sejajar dengan sekolah lain demi masa depan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa, maka Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I Kecamatan Bangko senantiasa berusaha meningkatkan mutu baik dalam akademik maupun non akademik.
Bertolak dari itu maka kami memiliki program untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui peningkatan profesionalisme tenaga guru dan beberapa program pendukung lainnya. Selanjutnya langkah-langkah dan sasaran strategis itu terangkum secara sederhana menjadi satu program Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Jambi.
B. Visi dan Misi Sekolah Dasar Negeri No.005/VI
Kungkai I.
Visi : “Unggul
dalam Prestasi, Santun dalam Perilaku”
Misi :
1.
Memberikan
layanan prima kepada siswa sesuai dengan kompetensinya.
2.
Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif pada seluruh warga sekolah
3.
Menciptakan
hidup rukun dan membiasakan berlaku santun serta saling menghargai terhadap sesama.
4.
Menerapkan
manajemen yang transparan, demokratis, profesional dan partisipatif dengan
melibatkan seluruh warga sekolah
5.
Menegakkan
disiplin dengan penuh tanggung jawab.
C. Tujuan Sekolah :
1. Mewujudkan
kesempatan dan pemerataan bagi seluruh Prserta didik untuk mendapatkan
pendidikan yang bermutu, akuntabel, efektif, efisien dan mandiri.
2.
Menjadikan
lingkungan sekolah yang kondusif dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah
sehingga terwujud ketahanan sekolah yang mantap.
3.
Mengenalkan
teknologi informasi kepada seluruh warga sekolah.
4.
Menjadikan
Bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua di sekolah.
5.
Meningkatkan
partisipasi masyarakat dalam bentuk mendekatkan sekolah ke- masyarakat
dan membawa masyarakat
kesekolah.
1
BAB II
PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
A. Program
Jangka Panjang (8 tahun)
1.
Bidang
Kurikulum
a.
Mengunakan
Kurikulum KTSP
b.
Sesuai
dengan Materi dharuskan mengunakan alat peraga untuk semua mata pelajaran.
2.
Bidang
Kesiswaan
a.
Mengadakan
studi banding ke Sekolah Lain.
b.
Mengadakan
kegiatan bersama dengan SD Lain.
c.
Siswa
terampil sesuai dengan bakat dan minatnya.
d.
Siswa
mampu Menjuarai minimal 2 cabang lomba ditingkat Kecamata dan Kabupaten.
e.
Siswa
memiliki keimanan yang kuat.
f.
Melaksanakan
Kegiatan Ekstrakurikuler untuk pengembangn bakat siswa
3.
Bidang
Sarana Prasarana
a.
Merenovasi
ruang kelas sesuai Kebutuhan, dengan skala prioritas
b.
Membuat
Sumur sebagai sumber Air disekolah.
c.
Memperbaiki Pagar Sekolah.
d.
Merenovasi WC Siswa
e.
Memasang
Papinblok halaman Sekolah.
f.
Membuat
Gerbang pintu masuk Sekolah.
g.
Membuat
Kantin Sekolah
h.
Melengkapi
kipas angin untuk ruang Kepala Sekolah, ruang Guru dan ruang Kelas
i.
Membuat
ruang Perpustakaan
j.
Membuat
Ruang UKS
B. Program Jangka Menengah (4 tahun)
1.
Bidang
Kurikulum
a.
Mengunakan
Kurikulum KTSP
b.
Sesuai
dengan Materi dharuskan mengunakan alat peraga untuk semua mata pelajaran.
2.
Bidang
Kesiswaan
a.
Siswa
mampu Menjuarai minimal 2 cabang lomba ditingkat Kecamata dan Kabupaten.
b.
Siswa
memiliki keimanan yang kuat.
c.
Melaksanakan
Kegiatan Ekstrakurikuler untuk pengembangn bakat siswa
3.
Bidang
Sarana Prasarana
a.
Merenovasi
ruang kelas sesuai Kebutuhan, dengan skala prioritas.
b.
Membuat
Sumur sebagai sumber Air disekolah.
c.
Memperbaiki Pagar Sekolah
d.
Merenovasi WC Siswa
e.
Memasang
Papinblok halaman Sekolah.
2
C.
Program Jangka Pendek (1 tahun)
1.
Bidang
Kurikulum
a.
Mengunakan
Kurikulum KTSP.
b.
Sesuai
dengan Materi dharuskan mengunakan alat peraga untuk semua mata pelajaran
c.
Memberikan
bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna mempersiapkan siswa mengikuti berbagai lomba.
d.
Memberikan
tambahan pelajaran kepada siswa dengan
cara mengadakan
perbaikan dan pengayaan.
e.
Mengefektifkan
program remedial.
f.
Melaksanakan
ulangan bersama setiap akhir bulan
2.
Bidang
Pengembangan Sumber Daya Manusia
a.
Mengefektifkan
KKG
b.
Mengadakan
pelatihan pengembangan silabus
c.
Mengadakan
lomba kreativitas guru
d.
Mengikut
sertakan guru ke seminar nasional.
e.
Setiap
guru kelas membuat peta kelas yaitu mengelompokkan
siswa yang pandai, sedang dan kurng. Dengan dasar
itulah guru dapat memberikan layanan kepada siswa secara tepat.
f.
Mengadakan
siraman rohani bagi guru-guru setiap dua bulan sekali.
4.
Bidang
Kesiswaan
a.
Memberikan
bimbingan kepada siswa berbakat dengan membentuk
kelompok –Kelompok belajar yang ipandu oleh guru dan arang tua murid baik dalam bidangakademik maupun non
akademik.
b.
Mengikuti
Lomba Olympiade
c.
Mengikuti
Lomba O2SN, FLSN
d.
Sholah
Jum’at berjamaah
e.
Baca
Tulis Al qur’an
f.
Mengikuti
berbagai lomba mata pelajaran, baik di tingkat gugus, kecamatan, kota maupun ditingkat
yang lebih atas.
g.
Melaksanakan
hari besar agama.
h.
Mengadakan
Pesantren Kilat.
i.
Mengikuti
lomba/event terbuka dalam bidang akademik maupun non akademik
j.
Memberikan
Penyuluhan Kesehatan dari Dokter Puskesmas
k.
Membentuk
Pasukan Pengibar Bendera
l.
Melaksanakan
kegiatan kepramukaan
5.
Bidang
Sarana Prasarana
a.
Melengkapi
adm kelas
b.
Melengkapi
alat peraga
c.
Melengkapi
sarana olah raga
d.
Mengganti
meja kursi tamu
e.
Mengadakan
meja kursi guru
f.
Pengadaan
kamera digital
g.
Memperbaiki
ruang guru
h.
Membuat
tempat parker
i.
Pengadaan
almari Buku
j.
Melengkapi
buku perpustakaan
k.
Pengadaan
bell listrik
3
BAB III
PROGRAM UMUM SEKOLAH
PROGRAM UMUM SEKOLAH
A.
Kepala Sekolah
Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan diperlukan program kerja Kepala Sekolah yang meliputi program kegiatan tahunan, semesteran, bulanan, minguan, dan harian serta kegiatan khusus dalam menjelang akhir tahun pelajaran dan awal tahun pelajaran.
Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:
1. Kegiatan awal tahun pelajaran
Menetapkan rencana pendidikan atau pembelajaran
untuk tahun pelajaran yang akan
berjalan meliputi perencanaan :
a.
Rapat awal tahun dengan dewan guru
b.
Rapat pleno dengan orang tua siswa
dan Komite Sekolah
c.
Pembagian tugas mengajar
d.
Pembinaan guru/siswa
e.
Kebutuhan buku-buku pelajaran dan
pegangan guru
f.
Kelengkapan alat-alat pelajaran atau
alat Bantu pendidikan
g.
Pengisian buku-buku administrasi
h.
Supervisi
2.
Kegiatan semesteran meliputi :
a.
Pelaksanaan ulangan semesteran
b.
Melakukan evaluasi pelaksanaan
pembelajaran dalam satu semester yang sudah berlangsung dengan melihat pencapaian target kurikulum dan
tarap serap
c.
Pembinaan.
3.
Kegiatan bulanan meliputi :
a.
Melakukan pemeriksaan secara umum
terhadap administrasi sekolah atau guru
b.
Melaksanakan supervise
c.
Melaksanakan rapat rutin bulanan
d.
Mengadakan evaluasi terhadap
kegiatan yang telah dilaksanakan
e.
Pembinaan
4.
Kegiatan mingguan meliputi :
a.
Melaksanakan upacara bendera
b.
Melaksanakan senam kesegaran jasmani
c.
Melaksanakan KKG
d.
Menyelesaikan kasus atau kejadian
minggu lalu yang belum terselesaikan.
5.
Kegiatan harian meliputi :
a.
Memeriksa daftar hadir guru dan
karyawan
b.
Memeriksa kebersihan sekolah
c.
Memeriksa persiapan mengajar guru
d.
Mengadakan pengawasan umum terhadap berlangsung-nya
pembelajaran
e.
Mengatasi masalah sekolah yang
terjadi
f.
Mengerjakan administrasi Sekolah
g.
Rapat Koordinasi
4
B.
Guru
Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran. Pada dasarnya tugas guru selain mengelola kegiatan pembelajaran juga bertugas membantu Kegiatan Kepala Sekolah. Untuk itu Kepala Sekolah membentuk Waka bidang, yaitu:
Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran. Pada dasarnya tugas guru selain mengelola kegiatan pembelajaran juga bertugas membantu Kegiatan Kepala Sekolah. Untuk itu Kepala Sekolah membentuk Waka bidang, yaitu:
1.
Waka Bidang Kurikulum
a.
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
b.
Menyusun pembagian tugas guru dan
jadwal pelajaran.
c.
Mengatur penyusunan program
pengajaran ( program semester ) program satuan pelajaran dan persiapan
mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
d.
Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler
dan ekstrakurikuler.
e.
Mengatur pelaksanaan program
penilaian kriteria kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan
belajar siswa, serta pembagian raport dan STTB
f.
Mengatur pelaksanaan program
perbaikan dan pengajaran
g.
Mengatur pemanfaatan lingkungan
sebagai sumber belajar
h.
Mengatur pengambangan MGMP dan
koordinator mata pelajaran
i.
Mengatur mutasi siswa
j.
Melakukan supervisi admisnitrasi dan
akademis
k.
Menyusun laporan
2.
Waka Bidang Kesiswaan
a.
Bidang Kesiswaan Akademik
b.
Bidang Kesiswaan Non-Akademik
Ø Mengatur program dan pelakasanaan bimbingan dan konseling
Ø Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan,
ketertiban,
keindahan, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan )
Ø Mengatur dan membina program kegiatan kepramukaan, palang merah remaja
(PMR), usaha kesehatan sekolah (UKS)
Ø Mengatur program pesantren kilat
Ø Menyusun dan mengatur pelaknsaan pemilihan siswa teladan
sekolah
Ø Menyelenggarakan cerdas cermat, olahrag prestasi
Ø Menyeleksi calon siswa untuk diusulkan mendapat beasiswa
3.
Waka Bidang Sarana-Prasarana
a.
Merencanakan kebutuhan sarana
prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar.
b.
Merencanakan proses pengadaannya
c.
Mengatur pemanfaatan sarana dan
prasarana
d.
Mengelola perawatan, perbaikan dan
pengisian
e.
Mengatur pembukuan
f.
Menyusun laporan.
C.
Kepala Tata Usaha
Kepala Tata Usaha Sekolah mempunyai
tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala
Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.
Penyusunan program kerja tata usaha
sekolah
2.
Pengelolaan adm sekolah
3.
Pengurusan administrasi ketenagaan
dan siswa
4.
Pembinaan dan pengembangan karier
pegawai tata usaha sekolah
5.
Penyusunan dan penyajian
data/statistik sekolah.
6.
Mengkoordinasikan dan melaksanakan
7K
7.
Penyusunan laporan pelaksanaan
kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.
5
D.
Petugas Perpustakaan.
Pustakawan sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.
Perencanaan pengadaan
buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
2.
Pengurusan pelayanan perpustakaan
3.
Perencanaan pengambangan
perpustakaan
4.
Pemeliharaan dan perbaiakan
buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
5.
Inventarisasi dan pengadministrasian
buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
6.
Melakukan layanan bagis siswa, guru
dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
7.
Penyimpanan buku-buku
perpustakaan/media elektronika
8.
Menyusun tata tertib perpustakaan
9.
Menyusun laporan pelaksanaan
kegiatan secara berkala
E.
Penjaga
Tugas Penjaga sekolah adalah melaksanakan, mengupayakan dan selalu menjaga kebersihan kerapian, keamanan dan keindahan. Selain itu menyiapkan minum bagi seluruh guru, karyawan dan tamu serta menyiapkan peralatan yang dibutuhan dalam berbagai kegiatan sekolah.
Tugas Penjaga sekolah adalah melaksanakan, mengupayakan dan selalu menjaga kebersihan kerapian, keamanan dan keindahan. Selain itu menyiapkan minum bagi seluruh guru, karyawan dan tamu serta menyiapkan peralatan yang dibutuhan dalam berbagai kegiatan sekolah.
6
BAB IV
PROGRAM KHUSUS SEKOLAH
PROGRAM KHUSUS SEKOLAH
Program Khusus Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I dan Hasil yang diharapkan sebagai Sekolah pertama yang
didirikan di Desa Kungkai merencanakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan mutu
sekolah. Kegiatan tersebut dirinci menjadi beberapa bagian :
1.
Sekolah Berbasis Manajemen
Sosialisasi Program sekolah
Bentuk kegiatan*
Sosialisasi ini akan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka dan presentasi atas keberadaan,
Sosialisasi ini akan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka dan presentasi atas keberadaan,
visi dan
misi tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta program Sekolah Dasar
Negeri No. 005/VI Kungkai I.
Acara sosialisasi direncanakan dilaksanakan sebanyak 2(dua) kali, yaitu:
(1) Sosialisasi untuk guru dan komite sekolah.
(2) Sosialisasi kepada masyarakat khususnya orang tua murid.
Hasil
yang diharapkan**
Sosialisasi ini diharapkan dapat mendukung pengembangan
Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. Secara intern, kegiatan ini
diharapkan dapat memberi gambaran yang jelas kepada guru akan tugas dan
tanggung jawab Sekolah serta memacu keinginan guru untuk meningkatkan mutu
pribadi dan peran serta secara aktif dalam berbagai bentuk kegiatan. Peran
Komite Sekolah juga diharapkan semakin meningkat. Sementara, sosialisasi kepada
masyarakat diharapkan dapat menggalangkan dukungan orang tua dan masyarakat
untuk bersama-sama mendukung kegiatan Sekolah. Diharapkan kesadaran masyarakat
untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan mutu Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I.
2.
Pembuatan label nama dengan menggunakan
2(dua) bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Iggris) pada sarana dan prasarana sekolah.
Bentuk kegiatan*
Pembuatan motto dan pesan sekolah yang berisi pesan sederhana, ringkas dan bermanfaat.
Hasil yang diharapkan**
Keberadaan motto dan pesan ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar bagi warga sekolah sekaligus secara tidak langsung menambah kosakata Bahasa Inggris.
Pembuatan motto dan pesan sekolah yang berisi pesan sederhana, ringkas dan bermanfaat.
Hasil yang diharapkan**
Keberadaan motto dan pesan ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar bagi warga sekolah sekaligus secara tidak langsung menambah kosakata Bahasa Inggris.
3.
Pembuatan papan display di
tempat-tempat strategis
Bentuk kegiatan*
Pembuatan papan display yang berisi informasi, pesan, hasil karya siswa yang di pasang di tempat-tempat strategis.
Hasil yang diharapkan**
Bentuk kegiatan*
Pembuatan papan display yang berisi informasi, pesan, hasil karya siswa yang di pasang di tempat-tempat strategis.
Hasil yang diharapkan**
Keberadaan papan display ini diharapkan mampu menciptakan
suasana belajar bagi warga sekolah, sekaligus secara tidak langsung
merangsang kraetivitas anak untuk selalu berkarya.
4.
Seminar dan Lokakarya untuk Guru
Bentuk kegiatan*
Berupa seminar Lokakarya satu hari
bagi seluruh guru, yang
sebagian
pemakalahnya
adalah dari guru sendiri.
7
Hasil yang diharapkan**
Kegiatan
ini berfungsi sebagai penyegaran bagi
guru untuk menampilkan kelebihan yang
dimiliki
serta memupuk kebersamaan guru.
5.
Lomba Kreatifitas Pembuatan Media
Pembelajaran
Bentuk
kegiatan*
Perlombaan
bagi
guru dalam pembuatan media pembelajaran, guna menunjang
proses
pembelajaran.
Hasil
yang diharapkan**
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan memacu
kreativitas guru, sekaligus
Menumbuhkan suasana
kompetisi yang sehat. Untuk tindah lanjut, hasil karya yang
dianggap
bagus dan dapat digunakan menunjangproses
pembelajaran dapat diperbanyak
untuk
menambah media pembelajaran.
6.
Pengadaan Media Pembelajaran.
Bentuk
kegiatan*
Untuk
menunjang proses pembelajaran perlu diadakan
penambahan berbagai media
pembelajaran,
baik dengan cara membeli maupun hasil karya guru.
Hasil yang diharapkan**
Dengan bertambahnya media pembelajaran, diharapkan dapat mempermudah guru dalam
mengajar, juga meningkatkan pemahaman siswa.
7.
Penyuluhan Kesehatan
Bentuk Kegiatan*
Pemberian penyuluhan dari Dokter Puskesmas
bagi semua warga sekolah.
Hasil yang diharapkan**
Dengan penyuluhan ini siswa
diharapkan sadar akan pentingnya Menjaga kesehatan.
8.
Pelatihan Komputer.
Bentuk kegiatan*
Menyelenggarakan pelatihan komputer
yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan.
Hasil yang diharapkan**
Setelah mengikuti pelatihan
komputer, guru dapat menggunakan komputer sebagai
penunjang kegiatan pembelajaran.
8
BAB V
PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PROGRAM PENINGKATAN MUTU
A. Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar
Negeri No.005/VI Kungkai I.peranan sumber daya manusia dalam pengelolaan
manajemen sekolah sangat penting. Baik buruknya sistem manejemen pendidikan
kita, terkait erat dengan mutu sumber daya manusia pula, demikian juga mutu
pembelajaran agar lebih bermakna bagi siswa, dibutuhkan sumber daya manusia
yang handal dan profesional oleh karena itu program peningkatan mutu sumber
daya manusia di Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I.senantiasa diupayakan
dan diselaraskan dengan program visi dan misi sekolah, melalui :
1. Mengikuti program belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2. Mengikuti pelatihan atau penataran
3. Mengikuti seminar, workshop
4. Mengadakan studi banding
5. Melaksanakan KKG secara intensif
B. Program
Pengajaran (Kurikulum)
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. siswa kelas I sampai dengan kelas VI menggunakan kurikulum KTSP.
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. siswa kelas I sampai dengan kelas VI menggunakan kurikulum KTSP.
C. Modl
Pembelajaran
Berangkat dari konsep pemikiran bahwa anak merupakan individu yang unik, yang mana setiap individu mempunyai potensi yang berbeda-beda, maka sangat diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran secara klasikal dengan menggunakan pendekatan individu, dengan cara :
Berangkat dari konsep pemikiran bahwa anak merupakan individu yang unik, yang mana setiap individu mempunyai potensi yang berbeda-beda, maka sangat diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran secara klasikal dengan menggunakan pendekatan individu, dengan cara :
1.
Setiap guru kelas membuat peta kelas
yaitu mengelompokkan siswa yang pandai, sedang,dan kurang.Dengan dasar itulah
guru dapat memberikan layanan kepada siswa secaratepat.
2.
Memberi bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna menpersiapkan
siswa dalam mengikuti
berbagai lomba.
3.
Memberikan tambahan pelajaran kepada
siswa dengan cara mengadakan perbaikan dan pengayaan.
4.
Mengefektifkan program remidial.
5.
Membentuk club – clup maple
6.
Kerjasama dengan Lembaga Bimbingan
Belajar
D. Sistem
Evaluasi
Guna mengukur ketercapaian materi (daya serap) perlu dilakukan evaluasi yang meliputi :
Guna mengukur ketercapaian materi (daya serap) perlu dilakukan evaluasi yang meliputi :
1.
ulangan harian
2.
penilaian pengamatan
3.
penilaian tugas atau PR
4.
ulangan tengah semester (UTS)
5.
ulangan akhir semester.
6.
try Out
7.
ujian akhir sekolah
9
E. Administrasi
Administrasi yang tertib mewujudkan kinerja yang baik, untuk itu guna meningkatkan mutu Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. perlu membiasakan pengerjaan administrasi secara teratur dan lengkap yang meliputi :
Administrasi yang tertib mewujudkan kinerja yang baik, untuk itu guna meningkatkan mutu Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. perlu membiasakan pengerjaan administrasi secara teratur dan lengkap yang meliputi :
1. Administrasi
Kepala Sekolah
2. Administrasi guru
kelas
3. Administrasi guru
mata pelajaran
4. Administrasi
tenaga kependidikan.
F.
Program Kegiatan Bidang Non Akademik
Guna
menyimbangkan otak kiri dan otak kanan maka perlu dikembangkan kegiatan non
akademik melalui kegiatan ekstra kurikuler. Sekolah Dasar Negeri No.005/VI
Kungkai I menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler diantaranya yaitu
:
1.
Pramuka
2.
Tari
3.
Paduan Suara
4.
Pembacaan Puisi
5.
Komputer
Siswa akan mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut melalui Pentas Seni atau lewat O2SN dan FLS2N tingkat SD/MI
Siswa akan mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut melalui Pentas Seni atau lewat O2SN dan FLS2N tingkat SD/MI
G. Program Bidang Sarana Prasarana
Program bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi pengadaan
dan perawatan serta
mengatur penggunaannya dan penyediaan fasilitas bagi guru dan karyawan
guna memperlancara kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain. program
bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi :
1.
Rehab Bangunan Gedung, terdiri dari
:
1.1 Perbaikan plafon ruang kelas
1.2 Melanjutkan Pembangunan Ruang kelas
1.3 Renovasi atap ruang kelas.
1.4 Pembuatan Area Parkir
1.5 Perbaikan dinding kelas
1.6 Perbaikan mebelair
1.7 Pengecatan dinding dan pagar
1.8 Perbaikan papan tulis
1.1 Perbaikan plafon ruang kelas
1.2 Melanjutkan Pembangunan Ruang kelas
1.3 Renovasi atap ruang kelas.
1.4 Pembuatan Area Parkir
1.5 Perbaikan dinding kelas
1.6 Perbaikan mebelair
1.7 Pengecatan dinding dan pagar
1.8 Perbaikan papan tulis
2.
Pengadaan barang, terdiri dari :
2.1 Pengadaan mebelair
2.2 Pengadaan komputer
2.3 Pengadaan alat-alat peraga
2.4 Pengadaan alat tulis kantor
2.5 Pengadaan alat kebersihan
2.6 Pengadaan sound system
2.7 Pengadaan Notebook/Laptop
2.1 Pengadaan mebelair
2.2 Pengadaan komputer
2.3 Pengadaan alat-alat peraga
2.4 Pengadaan alat tulis kantor
2.5 Pengadaan alat kebersihan
2.6 Pengadaan sound system
2.7 Pengadaan Notebook/Laptop
G. Laboratorium
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. maka perlu adanya prasarana laboratorium yang memadai sebagai penunjang kegiatan pembelajaran yang lebih baik kepada peserta didik. Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. saat ini tidak mempunyai laboratorium.
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. maka perlu adanya prasarana laboratorium yang memadai sebagai penunjang kegiatan pembelajaran yang lebih baik kepada peserta didik. Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. saat ini tidak mempunyai laboratorium.
10
H. Program Perpustakaan
Perpustakaan
merupakan salah satu komponen sekolah yang sangat penting perannya bagi
peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I..
Dengan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang baik diharapkan dapat
meningkatkan minat baca siswa, guru dan karyawan, sehingga peningkatan mutu
sumber daya manusia dan mutu pendidikan akan didapatkan.
Pada
, Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. memprogramkan untuk mengangkat
petugas khusus yang menangani perpustakaan sehingga pengelolaan dan pelayanan
di pustakaan lebih optimal. Tetapi Sekolah Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I.
Belum memiliki Perpustakaan.
I.
Program Kegiatan Unit Kesehatan Sekolah
Usaha
Kesehatan Sekolah (UKS) dirasakan sangat penting bagi Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I. Hal ini karena jumlah siswa cukup banyak dan banyak
permasalahan kesehatan yang terjadi pada anak didik di sekolah, oleh karena itu
sangat diperlukan adanya Usaha Kesehatan Sekolah yang ditangani oleh Guru
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan dokter kecil untuk memberikan pelayanan
kepada siswa yang membutuhkan. Pada saat ini, Sekolah Dasar Negeri No.005/VI
Kungkai I. merencanakan penambahan jumlah kader dokter kecil karena dokter
kecil yang ada sebagian besar sudah lulus dari sekolah.
J.
Program Kegiatan Pembinaan Rokhani
Program
Kegiatan Pembinaan Rokhani untuk mencapai terwujudnya visi dan misi sekolah,
maka pembinaan kerokhaniahan sangat penting bagi guru, karyawan dan siswa Sekolah
Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. agar kualitas keimanan dan mental spiritual
selalu terjaga.
Untuk kegiatan tersebut Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I. pada mempunyai
beberapa
program sebagai berikut :
1. kegiatan Baca Tulis Al Qur’an
2. kegiatan Kaligrafi
3. mengadakan peringatan hari besar agama
4. mengadakan mujahadah secara periodik
5. kegiatan sholat berjama’ah.
1. kegiatan Baca Tulis Al Qur’an
2. kegiatan Kaligrafi
3. mengadakan peringatan hari besar agama
4. mengadakan mujahadah secara periodik
5. kegiatan sholat berjama’ah.
K. Program
Hubungan Kemasyarakatan
Agar hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar dan
instasi terkait dapat berlangsung dengan baik dan lancar, maka Sekolah
Dasar Negeri No.005/VI Kungkai I. mempunyai
program di bidang hubungan
kemasyarakatan dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.
Publikasi tentang kegiatan sekolah
2.
Mengadakan pertemuan-pertemuan
dengan :
Ø Orang tua murid
Ø Komite sekolah
Ø Instansi terkait
3.
Mengundang narasumber dalam berbagai
kegiatan
4.
Mengadakan kerjasama dengan lembaga
lain, antara lain : Komite sekolah
Ø Komputer
Ø Perusahaan lain yang tidak mengikat.
11
BAB VI
P E N U T U P
P E N U T U P
1.
Dengan selesainya Program Kerja ini,
kami selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga selalu melimpahkan rahmat
dan petunjuknya kepada kami keluarga besar SDN No.005/VI Kungkai I, sehingga
kami dapat melaksanakan Program Kerja ini secara baik.
2.
Dalam pembuatan Program Kerja ini
kami telah berusaha sebaik-baiknya, sesuai dengan kemampuan kami, namun
disana-sini tentu masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami sangat
mengharapkan saran dan petunjuk serta pembinaan dari pihak-pihak yang terkait,
untuk penyempurnaan tugas dan kewajiban kami dimasa yang akan datang.
3.
Akhirnya tak lupa kami mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam membuat Program
Kerja Sekolah ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmatNya, dan
mencatat sumbangan pikiran semua pihak sebagai amal yang bermanfaat bagi semua
orang. Amin.
Kungkai, tgl. 16 Juli 2012
Kepala Sekolah Dasar Negeri
No.005/VI Kungkai I Kec. Bangko
NASARUDDIN, S.Pd
NIP. 19690415 199909 1 001
12
Mohon ma'af dan izin, materi ini sy download utk referensi.trmksh...
BalasHapus