RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Diriku
Subtema :
1. Aku dan Teman Baru
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
|
1. Teman Baru
2. Menghias kartu nama
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
• Mengetahui dan memahami peraturan
Keterampilan:
• Mengamati dan mencoba melakukan permainan,
membuat kartu nama, dan bernyanyi
• Menyajikan identitas
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Bilangan
bersama Teman
2. Berhitung sambil
Mengenal Teman Baru
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
• Mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan
tentang identitas teman
• Mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan
tentang bilangan 1-5 untuk mengurutkan bilangan
Keterampilan:
• Mengamati dan mencoba melakukan perkenalan dan
mengurutkan benda
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Menghitung Banyak
Teman
2. Mengenal Bentuk Segi
Empat dan Bercerita
kepada Teman
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
• Memahami konsep bilangan 1-5
Keterampilan:
• Mengamati, mencoba, dan menyajikan gambar hasil
pengamatan
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bernyanyi Bersama
Teman sambil Mengenal
Huruf
2. Bergerak Bersama
Teman
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan:
• Mengetahui dan memahami bilangan 1-5
Keterampilan:
• Mengamati dan mencoba melakukan gerakan lokomotor
melalui permainan sederhana
• Mencoba menggambar bentuk dari bangun datar
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bermain Bersama Teman
Baru
2. Mengurutkan Bilangan
Bersama Teman Baru
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui bentuk lingkaran
Keterampilan:
• Menyajikan laporan hasil gambar
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Lingkaran sambil
Bermain Bersama Teman
2. Menggambar dan Bercerita
|
Sikap:
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui huruf dan urutannya
Keterampilan:
• Mengamati dan mencoba menyusun huruf menjadi
namanya, menghitung
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Diriku
Subtema :
2. Tubuhku
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Anggota Tubuh
dengan Bernyanyi.
2. Permainan “Guru Berkata,
Pegang ....!”
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui bagian-bagian tubuh
Keterampilan
• Kemampuan komunikasi dan kemampuan mengolah informasi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Membaca Nama-nama
Anggota Tubuh
2. Menyusun Potongan-
Potongan Gambar
Anggota Tubuh (Puzzle)
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui nama-nama bagian tubuh dan
mengetahui susunan anggota tubuh
Keterampilan
• Menerima dan mengolah informasi dan bekerja sama
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Bilangan 1-5
2. Membaca Teks Deskriptif
tentang Anggota Tubuh
|
Sikap
• Percaya diri dan disiplin
Pengetahuan
• Mengetahui konsep bilangan 1-5 dan jumlah anggota tubuh
Keterampilan
• Berhitung, dan membaca
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Fungsi Bagian
Tubuh
2. Menyusun Huruf dan
Menulis Kata
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui cara membaca, mengetahui dan cara menyusun
huruf menjadi kata
• Mengetahui cara menulis
Keterampilan
• Membaca dan memahami bacaan, menulis, dan
bekerja sama
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bernyanyi sambil Bermain
(Syair Lagu: Kalau Kau
Senang Hati)
2. Menjiplak Telapak Tangan
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui cara bertepuk sesuai irama dan mengetahui cara
mewarnai, serta menggunting dengan rapi
Keterampilan
• Menerima dan memahami informasi, melakukan gerak
nonlokomotor yang menggunakan tangan dan melakukan
gerakan sesuai irama
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Tapak Gunung (Permainan
Menggunakan Gerakan Kaki)
2. Mengamati Gambar dan
Mendiskusikan Hasil
Pengamatan Gambar
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Memahami gerak dasar lokomotor
Keterampilan
• Mengamati, kemampuan melakukan gerak lokomotor, dan mengolah
informasi
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Diriku
Subtema :
3. Aku Merawat Tubuhku
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Merawat dan Menjaga
Kebersihan Tubuh
2. Benda-Benda untuk
Merawat Tubuh
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal nama alat merawat tubuh
• Mengenal dan memahami tata cara merawat tubuh
Keterampilan
• Kemampuan berkomunikasi
• Mengenal dan memahami tata cara merawat tubuh
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mempraktikkan Cara
Mencuci Tangan
2. Mengenal Garis Bilangan
melalui Gerakan
Lokomotor
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal gerakan lokomotor melompat dan berjalan
• Mengenal garis bilangan 1—5
• Mengenal dan memahami tata cara mencuci tangan
Keterampilan
• Berkomunikasi
• Mempraktikkan gerakan melompat dan berjalan
• Mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bergerak Membuat Garis
Berbentuk Lengkung, Lurus
dan Zigzag
2. Berkreasi dengan Barang
Bekas
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal garis lurus, lengkung, dan zig zag
Keterampilan
• Kreativitas dalam mengolah barang bekas
• Melakukan gerak lengkung dan zig—zag
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Fungsi Bagian
Tubuh
2. Menyusun Huruf dan
Menulis Kata
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui cara membaca, mengetahui dan cara menyusun
huruf menjadi kata
• Mengetahui cara menulis
Keterampilan
• Membaca dan memahami bacaan, menulis, dan
bekerja sama
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Menjaga Kebersihan Tubuh
dan Kegunaannya
2. Mengenal Penjumlahan
1—10 dengan Menggunakan
Barang Bekas
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui cara penjumlahan dan pengurangan 1-10
• Mengetahui manfaat merawat tubuh
• Mengetahui akibat tidak merawat kebersihan tubuh
Keterampilan
• Menulis, melakukan penjumlahan dan pengurangan, serta menggambar
ekspresif
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Kegiatan Mandi Setiap Hari
2. Tidur untuk Kesehatan
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui alat-alat untuk mandi dan cara menguraikan
bilangan
asli sebagai hasil penjumlahan
Keterampilan
• Berkomunikasi, menulis, dan menguraikan sebuah bilangan asli sebagai
hasil penjumlahan
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Diriku
Subtema :
4. Aku Istimewa
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengamati Wajah dan
Mengenal Ciri-Ciri yang
Dimiliki
2. Bermain Ular Naga bersama
Teman
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal keberagaman, tata tertib, dan arti bersatu
• Mengenal teks deskriptif tentang ciri khas yang dimilki dan
menemukan persamaan dan perbedaan dengan temannya
Keterampilan
• Mengamati persamaan dan perbedaan ciri khas yang dimiliki
• Melaksanakan peraturan
• Menjelaskan ciri khas diri dalam bentuk gambar
• Menirukan gerak ular pada permainan Ular Naga
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Membandingkan Tinggi
Badan bersama Teman
2. Bermain sambil
Mengamati Ciri Khas
Teman
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal arti bersatu, membandingkan tinggi badan, dan
menentukan urutan tinggi
Keterampilan
• Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badan
dan melakukan gerakan lari
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mendata Buah
Kesukaanku dan Temanku
2. Menghitung dan
menjumlah Buah
Kesukaan Teman melalui
Piktograf
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui teks deskripsi buah
Keterampilan
• Mendeskripsikan buah serta membaca dan
mendeskripsikan data menggunakan piktograf
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengamati Perbedaan
Karakteristik Anggota
Keluarga
2. Bekerja sama melalui
Permainan Bola Tangan
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Keterampilan
• Mempraktikkan gerak lokomotor dan menggambar
dengan teknik kolase
Pengetahuan
• Siswa mengerti cara melempar dan menangkap bola
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Menulis dan Membaca
Warna Kesukaanku
2. Mewawancarai Warna
Kesukaanku dan
Temanku
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Mengenal deskripsi warna
Keterampilan
• Mewarnai, mengolah data, menulis, dan
membaca
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Belajar Berterima kasih
sambil Bermain Peran
2. Permainan Mencari Nama
Teman
|
Sikap
• Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
Pengetahuan
• Teks terima kasih
Keterampilan
• Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Kegemaranku
Subtema :
1. Gemar Berolahraga
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengamati Jenis-Jenis
Olahraga
2. Menggenal Alat
Olahraga
3. Menggambar Alat
Olahraga
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
• Pengetahuan
• Mengetahui jenis-jenis olahraga
• Mengenal nama alat-alat olahraga
Keterampilan
• Kreatif
• Kemampuan menulis
• Mengamati
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mendiskusikan
Pentingnya Sikap Tertib
2. Mengenal Pola
Bilangan Melalui
Gambar
3. Memeragakan Gerakan
Senam
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
Pengetahuan
• Mengenal pola
• Mengetahui nama-nama alat olahraga
Keterampilan
• Menerima dan mengolah informasi
• Melakukan gerak non-lokomotor
• Berkomunikasi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Menyimak Cerita
Olahraga sambil
Bermain
2. Membilang Sambil
Mengenal Olahraga
Kegemaran
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
Pengetahuan
• Mengenal aturan dalam permainan Kuda Bisik
• Mengenal bilangan hingga angka 99
Keterampilan
• Mengolah informasi
• Komunikasi
• Berhitung
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Bagian Tubuh
2. Menceritakan Pengalaman Berolahraga
3. Belajar Berterima Kasih Benda
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
Pengetahuan
• Mengenal konsep kesehatan
• Mengenal teks terima kasih
Keterampilan
• Komunikasi
• Mengamati
• Melakukan lompat jauh
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Lebih Jauh
dan Lebih Dekat
2. Pengukuran dengan
Lompat Jauh
3. Bernyanyi lagu
bertema olahraga
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
Pengetahuan
• Mengenal Bilangan
• Mengenal konsep lebih jauh lebih dekat
Keterampilan
• Menerima dan memahami informasi
• Komunikasi
• Membandingkan
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bermain Kasti
2. Menghitung dan
Menjumlahkan
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, dan Santun
Pengetahuan
• Mengenal aturan permainan kasti
• Mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan
Keterampilan
• Kerja sama
• Menghitung penjumlahan
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Kegemaranku
Subtema :
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Lagu
2. Mana Lebih Banyak dan
Lebih Sedikit
3. Mengidentifikasi
Perbedaan Suara
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
• Pengetahuan
• Mengenal piktograf, mengenal konsep suara lembut/suara keras,
dan memahami isi lagu anak-anak
Keterampilan
• Berkomunikasi, membandingkan berdasarkan jumlah
anggotanya, mengamati, dan menyanyikan lagu anak-anak
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bernyanyi dan
Menghitung Kata pada
Syair Lagu
2. Membaca dan
Menyusun Teks Lagu
3. Menuliskan Kata-kata
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengenal bilangan asli sampai 20
Keterampilan
• Membaca, menulis, dan menyanyi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Alat-alat
2. Mengelompokkan Alat-
Alat Musik
3. Menyusun Huruf dan
Berhitung
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengetahui cara membaca, mengetahui cara menyusun huruf
menjadi kata, mengenal alat-alat musik tradisional, mengenal
alatalat
musik modern, dan berhitung antara 11-20
Keterampilan
• Membuat kata, membaca, komunikasi, membaca,
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Tari Daerah
2. Menari dengan
Gerakan Kupu-kupu
3. Mewarnai Gambar
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengenal berbagai tarian tradisional
Keterampilan
• Membaca, mengolah informasi, memasangkan gambar dengan
tulisan, menari, mewarnai gambar, kreatif, dan komunikasi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Bermain sambil
Bernyanyi
2. Menjawab Pertanyaan
3. Menentukan Pasangan
Bilangan
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengenal sikap-sikap terpuji
• Mengetahui konsep pasangan bilangan
Keterampilan
• Bekerja sama
• Bermain berkelompok dan bernyanyi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Tari Yospan
2. Berlatih menari Yospan.
3. Membaca dan Menyusun Huruf
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengetahui cara membaca dan Mengenal Tari Poco-Poco
Keterampilan
• Melakukan Tari Poco-poco, Menggambar Ekspresi, dan Membaca
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Kegemaranku
Subtema :
3. Gemar Menggambar
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Berdiskusi tentang Kegemaran Menggambar
2. Mengurutkan Banyaknya Benda-benda
3. Mengenal Alat dan Bahan Menggambar
4. Membuat Garis untuk Berlatih Keseimbangan
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Mengenal peralatan menggambar
Keterampilan
• Mengolah informasi
• Berkomunikasi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Profesi yang Berhubungan dengan Menggambar
2. Menebalkan Tulisan
3. Mencampur Warna
4. Membuat Gambar Pelangi
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui profesi yang membutuhkan keterampilan
menggambar
• Mengetahui konsep bahwa pencampuran dua warna akan
menghasilkan warna baru
Keterampilan
• Mengamati
• Praktik mencampur warna
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Berbagai Teknik Menggambar
2. Menggambar dengan Berbagi Teknik
3. Olahraga sambil Membuat Kolase
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui macam-macam teknik menggambar
Keterampilan
• Menggambar, menempel
• Melakukan gerak lokomotor
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mendengarkan Ayah Bercerita
2. Berdiskusi Tentang Terima kasih
3. Mengidentifikasi Gambar
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Mengetahui pelukis besar
• Mengidentifikasi cara menggambar
Keterampilan
• Mengamati
• Mengidentifikasi
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengamati Gambar dari Bentuk Geometris
2. Membuat Gambar dari Bentuk Geometris
3. Menggunting dan Menempel Bentuk Geometris
4. Mendiskusikan Teks
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Mengamati
Keterampilan
• Menggambar dan mewarnai
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Membaca Teks
2. Menyiapkan Pameran
3. Mengerjakan Latihan
|
Sikap
• Disiplin, percaya diri, dan kerja sama
Pengetahuan
• Memahami cara mengadakan pameran sederhana
Keterampilan
• Berkomunikasi
sebagai hasil penjumlahan
|
||
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Tema :
1. Kegemaranku
Subtema :
4. Gemar Membaca
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Membaca Teks
2. Berdiskusi/ Bercerita
3. Membuat Buku Sederhana
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Bagian-bagian buku dan cara menyusunnya
Keterampilan
• Membaca dan menyampaikan informasi
• Membuat buku
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Tata Tertib Perpustakaan
2. Melakukan dan Menghitung Hasil Wawancara
3. Bermain dengan Kartu Kata
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengetahui peraturan perpustakaan, kosakata, dan grafik
piktograf
Keterampilan
• Mewawancara dan menyusun kalimat
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Membaca Puisi
2. Mengenal Ilustrasi Cerita
3. Mewarnai
4. Membuat Ilustrasi
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Puisi dan gambar ilustrasi
Keterampilan
• Membaca dan menggambar ilustrasi cerita
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Mengenal Jenis-jenis Bacaan
2. Menulis
3. Mengenal Bagian-bagian Buku
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Jenis-jenis bacaan dan cara menyusun cerita
Keterampilan
• Membuat karya kreatif, menyusun cerita, dan
bercerita
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Berlari Sambil Menyusun Kata
2. Membuat Pohon Kata
3. Mewarnai dan Mengurutkan Gambar Berseri
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Kosakata sesuai tema
Keterampilan
• Menyusun kata, menyusun kalimat, dan melakukan gerak
lokomotor
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
Kemampuan yang
Dikembangkan
|
||
1. Berburu Kata sambil Mengenal Panjang dan Pendek
2. Menggambar Ekspresi
|
Sikap
• Tertib, percaya diri, santun
Pengetahuan
• Mengenal panjang dan pendek
Keterampilan
• Menggambar ekspresi
• Mengukur panjang
|
||